Tuesday, January 15, 2013

RANGKUMAN DESAIN PEMODELAN GRAFIK

          Setelah beberapa postingan sebelumnya telah tercipta, sekarang tugas berikutnya ialah membuat kesimpulan dari keseluruhan postingan yang ada. Mulai dari penjelasan mengenai vector (simulasi) teknologi dan game teknologi. 

  • PEMANFAATAN SIMULASI (MODELLING) DAN GRAFIK 
          Simulasi adalah tindakan menggunakan model. Model dirancang sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil yang nantinya akan diolah di dunia nyata. Simulasi dapat memperkirakan dampak dari keputusan yang diambil. Terdapat kendala dalam pembuatan simulasi, yaitu model yang disimulasikan tidak bisa menggambarkan kenyataan yang ada secara utuh. 

          Tujuan adanya simulasi antara lain mempelajari perilaku sebuah sistem, sebagai pelatihan atau training, mengetahui proses jalannya suatu program atau sistem. Beberapa sifat simulasi seperti desain percobaan atau rancangan percobaan, sebagai pengembangan kode model dan debugging model atau proses penganalisisan. 

          Namun ternyata terdapat Failed simulation atau yang biasa kita kenal dengan kegagalan simulasi adalah simulasi atau peragaan yang setelah dilakukan uji coba di dunia nyata ternyata malah membawa malapetaka. Simulasi ini pun tak kunjung dilakukan di dunia nyata lagi. Contohnya seperti kecelakaan pesawat, dll. Meskipun pada kenyataannya peristiwa kecelakaan tersebut bukan hanya terjadi akibat kegagalan simulasi, melainkan kesalahan dari pihak dalam maupun kehendak Tuhan (takdir). 

          Bila dikaitkan dengan dunia kerja, misalnya di bidang teknologi seperti pekerjaan seorang IT. Disaat seorang IT membuat sebuah program, ada kalanya ia harus membuat sebuah simulasi terlebih dahulu. Pada kenyataannya tidak jarang juga orang-orang IT yang menggunakan simulasi di awal pembuatan program, seperti membuat program pada software Visual Basic (VB). Seiring berkembangnya teknologi yang ada, ternyata seorang IT wajib mensimulasikan program yang mereka buat untuk menciptakan sebuah software baru yang canggih. 

          Kemajuan teknologi dan informasi merupakan salah satu perkembangan dari simulasi. Perkembangan peradaban dunia lah yang memberikan banyak akses terjadinya perubahan pada pola kehidupan masyarakat di berbagai bidang, seperti bidang pendidikan. Pesatnya kemajuan teknologi di masyarakat telah menjadikan semua persoalan dapat ditangani secara mudah dan cepat. 

          Contoh teknologi informasi yaitu visual teknologi yang merupakan sebuah sarana komunikasi menggunakan teknologi komputer. Kelebihan yang dimiliki seperti bisa memodifikasi dan menentukan apa saja yang akan divisualisasikan, bertukar informasi antar sesama. Namun semua itu dapat terjadi apabila terhubung dengan internet. Contoh media online-nya seperti blogger dimana kita bisa memvisualisasikan foto, tulisan, video, dll yang kita ke buat ke dunia maya lewat bantuan internet. Siapapun dapat melihat dan mengakses apa yang kita visualisasikan di blogger. 

          Cara memvisualisasikan tadi ternyata memiliki hubungan dengan budaya dan juga grafik. Dimana budaya merupakan warisan leluhur yang memiliki ciri khas dan unsur tersendiri dan grafik merupakan gambaran visual yang dituangkan ke dalam media. Menurut saya grafik yang mempengaruhi budaya, sebab suatu ilustrasi dari sebuah grafik pada awalnya diciptakan karena adanya unsur-unsur budaya. Ciri khas pada budaya lah yang menginspirasi terciptanya sebuah grafik. 


  • FITUR - FITUR HTML 5 
          Pasti sudah tau dong apa itu HTML 5 dari postingan sebelumnya hehehe.. diulas sedikit deh dari HTML dulu, HTML (HyperText Markup Language) itu bahasa yang merepresentasikan dokumen pada halaman web. HTML 5 itu adalah standar baru dari HTML, XHTML dan DOM HTML. HTML 5 dibuat karena saat ini sudah banyak sekali pengguna web, programmer web, aplikasi web, hosting web, dll. Terlihat juga pada kebutuhan penggunaan web yang semakin canggih dan modern. Saat ini web telah menjadi sebuah aplikasi yang interaktif, dinamis, dll. tidak lagi hanya untuk melihat isi dari web saja. 

          HTML 5 memiliki fitur tambahan dibanding HTML sebelumnya, antara lain terdapat unsur kanvas untuk menggambar, ada tag khusus untuk audio dan video file, dukungan yang lebih baik untuk penyimpanan secara offline, elemen kontennya lebih spesifik, memiliki local storage, ada web workers, ada semantic dan bentuk kontrol form seperti kalender, tanggal, waktu, e-mail, URL, search. Saat ini HTML 5 masih dalam tahap pengembangan, namun beberapa browser telah support HTML 5 seperti Chrome dan Opera. 

          Perbedaan antara HTML 5 dengan HTML 4 yaitu pada doctype tags nya, pada HTML 4 doctype nya berbentuk sangat panjang dan kompleks (rumit) sedangkan pada HTML 5 doctype nya berbentuk lebih simpel. Selain itu memiliki perbedaan pada meta tags nya, pada HTML 4 masih terlihat panjang dan kompleks, sedangkan pada HTML 5 sudah lebih simpel. Pada HTML 5 spesifikasi web form 2.0 sudah terintegrasi baik karena PUT dan DELETE metode di form sudah didukung, input fields type sudah bisa didapati di e-mail, search dan URL.

No comments:

Post a Comment